Dengan pantai yang terbentang hingga 52 kilometer, Gold Coast yang hanya satu jam berkendara dari Brisbane ini merupakan salah satu destinasi liburan favorit keluarga. Menawarkan berbagai taman hiburan, tak jauh dari pusat kota juga terdapat pegunungan untuk trekking, selain melimpahnya jumlah restoran pemenang penghargaan, galeri, pabrik penyulingan, dan perkebunan anggur ternama.

SkyPoint Observation Deck

Skypoint Climb

Setinggi 230 meter, satu-satunya dek observasi tepi pantai di Australia ini menawarkan pemandangan Gold Coast 360 derajat. Saat terbaiknya adalah ketika hari cerah sehingga panorama kota dengan paduan pantai, pencakar langit, dan sungai terlihat jelas. Menjelang matahari terbenam tempat ini juga ramai dipadati pengunjung yang ingin menikmati suasana romantis. Bagi pecinta adrenalin, jangan lewatkan juga SkyPoint Climb untuk memanjat hingga ketinggian 270 meter dan setibanya di puncak menikmati pemandangan kota tanpa terhalang jendela. Walau tidak cocok bagi yang takut ketinggian, namun dengan cara ini pengunjung dapat puas mengambil foto kota dari ketinggian tanpa menggunakan kamera drone. Tiket untuk fasilitas ini mulai 49 dolar untuk anakanak dan 69 dolar untuk dewasa. (Jam operasional: Minggu – Kamis pukul 07:30 – 19:30 dan Jumat – Sabtu pukul 07:30 – 24:00, tiket ke dek observasi mulai 19 dolar, akses: naik G:link dan turun di Surfers Paradise Station)

Balon Udara

Hot Air

Gold Coast yang cantik dapat dinikmati dari atas balon udara menjelang matahari terbit selama 30 menit. Di pagi hari, udara stabil dan angin bertiup lembut, sehingga balon dapat mengudara dengan aman. Setelah menerima panduan singkat tentang keselamatan, maka balon akan mengudara di atas Gold Coast, termasuk di atas Tamborine Mountain dan Lamington National Park. Biaya untuk menikmati balon udara ini mulai 280 dolar untuk dewasa dan 229 dolar untuk anak-anak dengan Gold Coast Ballooning Experts (hotair.com.au/ goldcoast), yang termasuk sarapan di O’Reilly’s Canungra Valley Vineyards, Lamington National Park. Bila cuaca tak memungkinkan untuk terbang, operator akan mengabarkan kepada para tamu satu jam sebelum waktu berkumpul di tempat yang telah ditetapkan.

Surfers Paradise Beachfront Markets

surfer paradise beachfront market_233714941

Setiap Rabu, Jumat, dan Sabtu malam, para penggemar belanja dan pecinta kuliner menuju pasar yang terletak di tepi pantai ini. Menawarkan lebih dari 120 kios, barang-barang yang dijual pun beragam, mulai dari busana, aksesori, perhiasan, produk kecantikan, kerajinan tangan, lukisan, hingga perabotan rumah tangga. Bila perut lapar banyak jajanan setempat yang dijual di sini, selain kafe dan restoran di sekitarnya pun dapat dijangkau dengan berjalan kaki. (Jam operasional: 15:00 – 20:00, The Foreshore, Surfers Paradise)

Pabrik Keju dan Penyulingan

Witches-Chase-building-864w-web

Witches Chase Cheese Company (witcheschasecheese.com.au) menawarkan berbagai jenis keju premium, seperti brie triple cream, triple cream blue, dan keju kambing. Pengunjung dapat berkeliling pabrik untuk melihat proses pembuatan keju maupun sekaligus mencicipi berbagai es krim dan yoghurt lezat yang juga diproduksi di sini. Tak jauh dari sini terdapat Tamborine Mountain Distillery (tamborinemountaindistillery. com), yang walau mungil telah terkenal hingga ke seluruh dunia sebagai penghasil schnapps, liqueur, fruit brandy, gin, dan vodka.

Taman Bermain

Seaworld

Ada banyak taman bermain di Gold Coast, mulai dari Warner Bros. Movie World, Dreamworld, hingga Sea World. Warner Bros. Movie World (movieworld.com.au) menghadirkan wahana berdasarkan filmfilm laris produksi Warner Bros, seperti roller coaster Green Lantern, Superman Escape, serta tokoh-tokoh Looney Tunes Bugs Bunny dan Daffy Duck. Sedangkan Dreamworld (dreamworld.com.au) menyuguhkan sejumlah wahana ikonik, seperti Tower of Terror 2 yang ketika pertama kali dibuka pada 1997 merupakan roller coaster tercepat dan tertinggi di dunia. Bila menyukai laut, Sea World (seaworld.com.au) memiliki berbagai hewan laut, seperti beruang kutub dan penguin yang menggemaskan. Bagi yang ingin melihat kota, pantai, dan kawasan pedalaman Brisbane dari ketinggian, taman hiburan ini juga menyediakan penerbangan dengan helikopter berdurasi hingga 30 menit. Biaya masuk ke masing-masing taman bermain ini mulai 79 dolar dan dapat dipesan online melalui Village Roadshow Theme Parks (themeparks.com.au).

Currumbin Wildlife Sanctuary

Currumbin - 106580-634

Di Currumbin Wildlife Sanctuary (www.cws.org.au), pengunjung dapat melihat satwa endemik Australia sekaligus mengenal kebudayaan Aborigin. Berada di selatan Gold Coast, Currumbin memberi kesempatan untuk memeluk koala, mengamati buaya air asin terbesar di Australia, melihat tasmanian devil, dan memberi makan kanguru. Australia tidak mengizinkan memeluk koala karena mamalia ini stres kalau dipeluk dan gangguan emosional ini merupakan salah satu penyebab utama kematian koala. Hanya di Queensland dan Australia Selatan yang memungkinkan pengunjung memeluk koala dengan cara yang benar, yaitu berdiri tegak dan mematung dengan tangan terbuka untuk menunggu koala menghampiri. Di sini juga terdapat pertunjukan tarian dan cerita rakyat Aborigin dengan iringan didgeridoo setiap hari pukul 14:30. Di akhir pertunjukan, pengunjung dapat berfoto bersama para penari.

Gallery Walk Tamborine Mountain

Gallery-walk-tamborine mountain

Gallery Walk memiliki banyak toko kerajinan, suvenir, dan pernak-pernik yang dapat dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Hampir semua toko di sini menawarkan sesuatu yang tak bakal dijual di tempat lain, dan selagi berpindah dari satu toko ke toko lainnya, pengunjung juga dapat bersantai dan bersantap di salah satu kafe yang ada. Kebanyakan toko di sini buka pukul 10:00 hingga 16:00, dengan beberapa di antaranya tutup satu atau dua hari dalam seminggu. Toko suvenir dan oleh-oleh yang direkomendasikan adalah Aurora Gifts, German Cuckoo Clock Nest, Shon’s Lost For Words, dan The Handmade Cottage.

NightQuarter

Night-Quarter

Beroperasi November 2015, NightQuarter memiliki konsep yang sama dengan Eat Street Markets di Brisbane, di mana dalam satu tempat, pengunjung dapat menyantap aneka hidangan setempat dengan ditemani pertunjukan yang dibawakan seniman jalanan. Berkonsep terbuka dengan atap mirip hanggar, terdapat lebih dari 120 kios di sini yang tak hanya menjual makanan, namun juga busana, aksesori, dan kerajinan. Terletak dekat stasiun kereta, pasar malam ini buka setiap Jumat dan Sabtu pukul 16:00 hingga 22:00 dengan tiket seharga dua dolar. Hasil penjualan tiket ini sebagian didonasikan kepada Starlight Children’s Foundation. (Akses: Helensvale Train Station)

Pacific Fair Shopping Centre

Pacific Fair1

Didirikan 1977, pusat perbelanjaan ini telah mengalami beberapa kali perbaikan dan perluasan, dan pengembangan terakhir yang selesai pertengahan 2016 ini bakal menjadikan Pacific Fair sebagai shopping centre terbesar di Queensland. Memiliki interior unik dengan taman tropis dan kolam, pusat perbelanjaan ini menawarkan deretan butik untuk busana couture dan high-street dengan lebih dari 400 toko, dengan fasilitas berupa bar dan restoran, serta fasilitas hiburan dalam dan ruang luar kelas dunia,. Beberapa tenant-nya antara lain Event Cinemas, department store David Jones, Myer, Target, Kmart, serta supermarket Woolworths dan Coles. (Akses: naik G:link dan turun di Broadbeach South Station)

sumber: Panorama Magazine

Published on: June 24, 2016

Views: 2260